Monday 11 March 2013

Fungsi menu pada twitter

Setelah pada postingan terdahulu kita membahas cara daftar twitter,pada kesempatan kali ini tutorial blog akan membahas fungsi menu pada twitter,artikel ini dikhususkan bagi sobat-sobat yang pengen twiteran tapi belum tau caranya,bagi yang sudah tau silahkan diskip aja.
Sebelumnya silahkan lengkapi dulu profile twitter sobat sekalian di twitter edit profile biar tambah manteb.Kalo sudah,mari kita lanjutkan belajar mengenal menu twitter.
Dalam twitter ada istilah followers,following/friends,timeline,mentions,RT(retweet),reply dan DM(Direct Message),mari kita bahas satu per satu.
  • followers: yaitu orang-orang yang ngefollow atau yang ngikutin kita,followers inilah yang nantinya akan mengetahui status yang telah kita buat,
  • following: yaitu orang-orang yang kita follow/ikuti,orang-orang yang kita follow ini tidak akan mengetahui status yang telah kita buat,kecuali mereka juga ngefollow akun kita.Misalnya orang yang kita ikuti atau following:55 orang,trus yang ngikutin kita atau followers:10 orang,nah yang bisa membaca atau mengetahui status kita tu ya yang 10 orang itu.
  • timeline: Seperti halnya beranda/home dalam facebook,disinilah status-status atau tweet orang-orang yang kita follow akan terpampang,
  • mentions: yaitu mirip seperti halnya dinding didalam facebook,jadi ketika seseorang ngomentarin status/tweet kita,komentarnya itu akan masuk ke menu mentions/replies kita,
  • RT(ReTweet): fungsinya yaitu untuk mengulang kembali tweet/status dari teman kita,liat contoh gambar dibawah:
    contoh RT twitter
    Pada kotak warna biru terlihat status dari akun @hani07_,yang kemudian status/tweetnya di RT oleh akun @keongtech(pada kotak warna merah),
  • reply/replies: yaitu untuk membuat mentions pada teman,makanya ada istilah "mensenan" mirip sama pesan antar dinding pada fb.
  • DM(DirectMessage): yaitu buat kirim-kiriman pesan rahasia,sama seperti pesan pada fb,bedanya hanya orang yang telah menjadi followers kita saja yang bisa dikirim DM.

Mungkin hanya itu saja semoga bisa bermanfaat.

follow @keongtech

2 comments: