Saturday 9 March 2013

Cara keluar dari google sandbox


Kali ini saya akan share pengalaman saya bagaimana cara keluar dari google sandbox.
Seperti yang pernah saya ungkapkan pada postingan artikel terperangkap dalam google sandbox pada waktu itu,dan gak tanggung-tanggug 4 artikel saya kena rajia polisi google tersebut.
Saya merasa bingung bin aneh,kenapa begitu? Karna yang saya sering dengar atau sering baca dari pengalaman-pengalaman bloger lain melalui mbah google,kebanyakan yang terkena sandbox adalah artikel-artikel buat kontes seo,alasannya karna optimasi yang berlebihan karna saking pengennya nongkrong dihalaman pertama google apalagi berada diurutan pertama,pasti merupakan impian semua peserta kontes,namun sayangnya google tidak menyukai hal-hal yang berlebihan,maka berhati-hatilah bagi yang sekarang sedang ikutan kontes seo,alih-alih pengen mengejar posisi pertama tar yang ada malah artikel hilang bak ditelan bumi dari pencarian google alias gak terindex.
Trus bagaimana dengan kasus yang saya alami sampai ahirnya kena imbas google sandbox? artikel saya bukan buat kontes seo,saya juga tidak melakukan optimasi yang berlebihan,bahkan setelah mempublish artikel tersebut saya tinggal begitu saja,tidak saya apa-apain. Dan inilah prediksi kesalahan saya kenapa sampe terkena google sandbox:
  1. blog saya merupakan blog baru,karna konon katanya blog baru rentan terkena google sandbox
  2. banyaknya url yang eror setelah saya cek melalui google webmaster tools
  3. adanya artikel ganda,karna saya pernah iseng-iseng ngeposting artikel yang sama diblog saya yang lain,mungkin google menganggapnya bahwa artikel tersebut adalah hasil copas(ini hanya pendapat saya loh...)

Trus bagaimana saya bisa lolos dari jeratan google sandbox?
Inilah yang saya lakukan:
  1. saya membuat artikel yang berhubungan dengan google sandbox dan memasukan link artikel yang terkena sandbox,memasukan link yang menuju kesitus google,cara ini saya dapatkan dari hasil search di google,tapi saya rasa kurang efektif(buat saya) karna justru artikelnyapun ikutan terkena sandbox,dan setelah 5 hari belum bebas juga dari sandbox,
  2. saya buka google webmaster tool,saya cek ulang secara terperinci blog saya melalui webmaster tersebut,saya unfollow blog yang mengandung banyak konten p*rno didalamnya(stttt jangan bilang-bilang),
  3. saya hapus artikel-artikel ganda,kemudian saya hapusin url-url yang eror atau crawl eror,
  4. yang terakhir saya masukan sitemap.xml ke webmaster tool

Cara ke-2 sampe terakhirlah yang saya rasakan hasilnya,karna sehari setelah melakukan itu 3 artikel saya langsung terindex di google,dan besoknya lagi 1 artikel yang terakhir juga terindex,jadi total 4 artikel sudah lolos semua.
Itulah pengalaman saya bagaimana cara keluar dari google sandbox,mungkin pengalaman setiap bloger akan berbeda-beda dalam meloloskan diri dari jeratan google sandbox tersebut.

Nb:saya tidak mengedit artikel yang terkena google sandbox.

1 comment:

  1. dah dilakukan gan tapi kok kagak keluar ya artikel ane dari sandbox?

    ReplyDelete